Nokia 6708 - Cell Phone 18 MB User Manual
Nokia 6708 - Cell Phone 18 MB User Manual

Nokia 6708 - Cell Phone 18 MB User Manual

User guide
Hide thumbs Also See for 6708 - Cell Phone 18 MB:
Table of Contents

Advertisement

Quick Links

Buku Petunjuk Penggunaan untuk
Nokia 6708

Advertisement

Table of Contents
loading

Summary of Contents for Nokia 6708 - Cell Phone 18 MB

  • Page 1 Buku Petunjuk Penggunaan untuk Nokia 6708...
  • Page 2 Dilarang memperbanyak, mengirim, menyebarluaskan atau menyimpan sebagian atau seluruh isi dokumen ini dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari Nokia. Nokia dan Nokia Connecting People adalah merek dagang atau merek dagang terdaftar dari Nokia Corporation. Produk dan nama perusahaan lain yang disebutkan di sini mungkin merupakan merek dagang atau nama dagang masing-masing pemilik.
  • Page 3 Dalam situasi apapun, Nokia tidak bertanggung jawab atas hilangnya data atau kerugian materi atau kerusakan khusus, ringan, berat atau tidak langsung yang terjadi baik secara disengaja maupun tidak.
  • Page 4: Table Of Contents

    Membuat Panggilan Baru Saat Panggilan Berlangsung...21 Menonaktifkan Perangkat Anda ............. 14 Menjawab Panggilan Masuk Saat Panggilan Berlangsung ..21 Penelusuran Layar .................. 14 Beralih Panggilan.................22 Memasukkan Teks dan Nomor ............15 Mengakhiri Panggilan Aktif ..............22 Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 5 Mengelola Folder Kalender ...............43 Mengubah Nada dan Tanda ............. 26 Mengatur Pilihan Kalender ...............43 Mengaktifkan/Menonaktifkan Pengunci Papan Tombol Catatan.......................43 Otomatis ....................27 Membuat Catatan ................43 Mengakses Petunjuk................27 Mengelola Catatan................44 Mengelola Folder Catatan..............44 Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 6 Memutar Catatan Suara ..............87 Mengirim Foto..................73 Menghapus Catatan Suara ...............88 Mengedit Foto..................73 Mengirim Catatan Suara ..............88 Menambahkan Efek Khusus ke Foto..........74 Menggunakan Rekaman Auto Gain Control (AGC) ....88 Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 7 Pedoman Otentikasi Baterai Nokia ..........107 Manajemen File..................94 11. Perangkat Tambahan Asli........109 Mempersonalisasikan Perangkat Anda..........94 Daya ......................109 Menyusun Sendiri Profil Pengguna..........94 Travel Charger (AC-1001)............... 109 Memilih Profil Pengguna ..............95 Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 8 13. Informasi Keselamatan Tambahan ..... 112 Kondisi Pengoperasian ................112 Perangkat Medis ...................112 Alat Pacu Jantung................112 Alat Bantu Dengar ................113 Kendaraan ...................113 Kawasan Berpotensi Ledakan............113 Panggilan Darurat ................114 Untuk Membuat Panggilan Darurat ..........114 Informasi Pengesahan (SAR) .............115 Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 9 <Memo> Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 10: Untuk Keselamatan Anda

    Gunakan hanya perangkat tambahan dan baterai asli. Jangan gunakan produk yang tidak kompatibel. Patuhi semua larangan. Perangkat nirkabel dapat menimbulkan gangguan di dalam pesawat terbang. KEDAP AIR Perangkat Anda tidak kedap air. Jaga agar tetap kering. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 11 MMS, mengakses Web, e-mail dan download konten menggunakan browser, memerlukan dukungan jaringan untuk teknologi tersebut. Hubungi vendor kartu SIM untuk memperoleh informasi dan mengakses layanan kartu SIM. Misalnya operator selular, operator jaringan atau vendor lainnya. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 12 Jangan aktifkan perangkat bila penggunaan perangkat nirkabel dapat menimbulkan gangguan atau bahaya. Gunakan hanya baterai, pengisi daya baterai dan perangkat tambahan Nokia asli yang khusus ditujukan untuk penggunaan dengan model ini. Penggunaan jenis lainnya dapat membatalkan persetujuan atau garansi dan mungkin membahayakan.
  • Page 13 <Memo> Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 14: Mengenal Perangkat Anda

    Tekan tombol ini untuk pergi ke modus halus kiri yang telah tersedia. Pengaturan standar (11) adalah Contacts. Papan Memungkinkan Anda untuk memasukkan tombol nomor, simbol dan menelusuri menu dan layar. Lubang Mengeluarkan audio. suara Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 15 • Pada layar Utama, tekan tombol ini untuk pergi ke layar Telepon. (10) Tombol Tekan tombol ini untuk pergi ke modus halus kanan yang telah tersedia. Pengaturan standar adalah Calendar. (11) Mikrofon Menerima audio. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 16: Tampilan Samping Dengan Penutup (Cover) Belakang Terbuka

    Menahan kartu SIM ditempatnya. Kaitan tutup Membuat tutup baterai tetap berada baterai di tempatnya. Konektor USB Menyambungkan ke PC melalui kabel data yang disediakan. Konektor pengisi Menyambungkan ke pengisi daya daya baterai baterai. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 17: Tampilan Sisi Kiri

    Inframerah. (2) Tombol Memungkinkan Anda mengontrol volume. kontrol volume (3) Slot kartu Memungkinkan Anda menginstal kartu memori memori SD. (4) Konektor Menyambungkan perangkat ke headset yang Headset kompatibel. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 18: Layar Utama

    Panel menu Menampilkan pilihan menu di tiap layar program aplikasi. Ikon Memungkinkan Anda mengakses program program aplikasi pada perangkat Anda. Tekan sebuah aplikasi ikon untuk membuka program aplikasi yang diwakilinya. Panel status Menampilkan berbagai ikon status. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 19: Ikon Panel Status

    Muncul bila daftar panggilan yang ditolak diatur pada Call settings. Mengindikasikan Anda memiliki panggilan tak terjawab. Mengindikasikan panggilan masuk dialihkan ke telepon lain. Ikon ini muncul bila Anda memiliki pesan SMS baru. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 20: Pena Stylus

    Hindari menggores lapisan sentuh. Jangan pernah gunakan pulpen atau pensil biasa atau benda yang tajam untuk penggunaan. menulis pada lapisan sentuh. Bila Anda ingin menaruh kembali pena stylus, masukkan pena stylus ke tempatnya secara perlahan. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 21: Menyiapkan Perangkat Anda Untuk Digunakan

    Catatan: Anda masih dapat menggunakan beberapa fungsi perangkat Anda tanpa kartu SIM pada modus offline. Untuk mengatur modus Offline, lihat ke "Offline" di halaman Penting: Jauhkan kartu SIM dari jangkauan anak-anak. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 22 Tempat kartu SIM 4. Dorong kartu ke arah luar dari slot. Tip! Jika ingin mengeluarkan kartu SIM, silahkan lakukan hal berikut: 1. Matikan daya perangkat Anda. 2. Keluarkan baterai. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 23: Menginstal Dan Mengisi Baterai

    SIM dari operator selular Anda mungkin harus dimasukkan saat mengaktifkan perangkat. Untuk informasi lebih lanjut, 1. Tekan tombol pada bagian bawah tutup (cover) belakang dan hubungi operator selular jaringan Anda. geser tutup (cover) dari perangkat. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 24: Mengeluarkankan Baterai

    Mengeluarkankan Baterai 1. Matikan daya pada perangkat. 2. Tekan tombol pada bagian bawah tutup (cover) belakang dan geser tutup (cover) dari perangkat. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 25: Mengisi Baterai

    3. Geser kaitan baterai ke belakang dan angkat baterai ke atas. Penting: Jangan keluarkan baterai bila perangkat aktif: Anda dapat kehilangan seluruh pengaturan pribadi yang telah dimasukkan ke kartu SIM atau ke memori Nokia 6708. Mengisi Baterai 1. Masukkan konektor pengisi daya ke dalam soket pengisi daya baterai di bagian bawah perangkat.
  • Page 26: Persiapan Awal

    • Bila isi baterai rendah, akan muncul pesan di layar, dan indikator baterai/pesan akan terus berkedip merah. Bila baterai kehabisan daya, akan muncul pesan lain yang mengingatkan Anda untuk mengisi daya secepatnya. Perangkat Anda akan nonaktif secara otomatis. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 27: Operasi Dasar

    Bila perangkat hidup, tekan terus tombol daya selama sekitar 3 Objek terakhir Halaman berikutnya Bawah detik. • Tekan tombol untuk memindahkan fokus pilihan ke atas. • Tekan tombol untuk memindahkan fokus pilihan ke bawah. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 28: Memasukkan Teks Dan Nomor

    Kapan saja Anda ingin memasukkan/mengedit teks dan nomor, Tombol kolom Tekan tombol ini untuk pergi ke kolom atau bila Anda menekan ikon pada panel status, keyboard sebelumnya entri teks sebelumnya. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 29: Memasukkan Abjad Latin Dan Karakter Angka

    4. Tekan tombol Done dan teks akan ditempatkan pada kolom entri teks. Memasukkan Karakter Cina 1. Tekan tombol atau untuk beralih ke metode input Pinyin atau Guratan Lain. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 30: Memasukkan Teks Dan Nomor Menggunakan Metode Pengenal Tulisan Tangan

    Untuk menghapus karakter yang sebelumnya dimasukkan, Jika karakter Cina yang ingin Anda masukkan muncul pada area tekan (atau tulis dari kanan ke kiri). kandidat, tekan karakter itu dan karakter akan ditempatkan di kolom input secara otomatis. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 31 • Tekan dan tarik untuk menyesuaikan posisi panel peralatan tulisan tangan di layar. Untuk mengatur pengaturan pengenalan tulisan tangan agar sesuai dengan kebiasaan menulis pribadi, silahkan lihat di "Pengaturan smARTwriter" di halaman Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 32: Menggunakan Fungsi Telepon

    2. Tekan tombol angka di layar Telepon, atau tekan tombol dan tekan tombol untuk memilihnya. angka pada tombol di keyboard untuk memasukkan nomor yang ingin Anda panggil. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 33: Membuat Panggilan Menggunakan Panggilan Cepat

    Menjawab Panggilan 2. Tekan tombol dua kali. Bila Anda menjawab panggilan, nama pemanggil (jika tersedia, tergantung pengaturan pemanggil dan jaringan), gambar (jika dapat ditampilkan) dan pilihan-pilihan berikut ini akan muncul di layar. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 34: Mengakhiri Panggilan

    Speaker phone atau Mute microphone untuk memainkan suara melalui speaker telepon atau membuat Bila panggilan masuk yang baru terputus, panggilan lama akan mikrofon tak bersuara saat panggilan berlangsung. diambil kembali secara otomatis. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 35: Beralih Panggilan

    • Panggilan keluar (diindikasikan dengan ikon 2. Tekan tombol Conference. Seluruh pihak yang panggilannya aktif akan tergabung bersama. • Panggilan tak terjawab (diindikasikan dengan ikon • Panggilan ditolak (diindikasikan dengan ikon Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 36: Pilihan Log Panggilan

    1. Tekan tombol (atau ), dan tekan tab Panggilan" di halaman 19 untuk rinciannya. untuk pergi ke layar Telepon. 2. Tekan Phone, kemudian tekan End all calls untuk mengakhiri seluruh panggilan. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 37: Menunjukkan Biaya

    Bluetooth ke perangkat saat panggilan berlangsung, Anda tak dapat mentransfer panggilan kembali lagi ke headset diatur, Anda akan diminta untuk memasukkannya. Nomor Bluetooth. kotak surat suara tersedia dari operator selular jaringan Anda. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 38: Memanggil Nomor Darurat

    Done. 3. Bila selesai, tekan Edit dan pilih Add to contacts. Metode 2 (menggunakan papan tombol) 1. Tekan tombol (atau ), dan tekan tab untuk beralih ke layar Panggilan Cepat. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 39: Menyalin/Menempel Nomor

    Anda 1. Tekan tombol (atau ) untuk masuk ke untuk profil yang dipilih, atau tombol Done untuk layar Telepon. menyimpan dan memberlakukan pengaturan Anda. 2. Tekan Edit dan pilih Zoom. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 40: Mengaktifkan/Menonaktifkan Pengunci Papan Tombol Otomatis

    Anda. Tip: Anda juga dapat menekan tombol , kemudian tombol pada layar Telepon untuk mengunci papan tombol. • Untuk membuka pengunci papan tombol, tekan tombol , kemudian tombol Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 41: Menggunakan Program Aplikasi

    Untuk mengatur program aplikasi Anda di Kalender folder, lihat "Mengelompokkan Program Aplikasi" di halaman Untuk mengelola jadwal pertemuan dan acara pribadi Anda. Lihat "Kalender" di halaman 41 untuk rinciannya. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 42 "Suara" di Memungkinkan Anda melihat dan mengedit gambar di perangkat halaman 87 untuk rinciannya. Anda. Lihat "PhotoBase" di halaman 70 untuk rinciannya. Screen saver Untuk menampilkan screen saver di perangkat Anda. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 43 Stuntcar Extreme Anda dapat memainkan permainan balapan mobil yang tersedia. Manajer File Untuk rincian, bacalah Petunjuk di aplikasi. Fungsi ini memungkinkan Anda mengatur file pada perangkat, atau memeriksa informasi memori. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 44: Olahpesan

    • Untuk menggunakan fungsi Olahpesan, Anda mungkin perlu mengatur pengaturan pesan terlebih dulu. Silahkan lihat ke merusak perangkat atau PC Anda. "Account Olahpesan" di halaman "Account Wap" di halaman 49, dan "Account Internet" di halaman Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 45: Membuat Dan Mengirim Pesan

    Anda. 8. (Pilihan) Tekan tombol untuk beralih antara jenis teks 4. Masukkan badan teks pesan. Pesan SMS memungkinkan tebal atau normal. Anda memasukkan hingga 160 karakter (70 untuk karakter Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 46 Membuat dan mengirim Pesan MMS slide. 1. Pada layar Olahpesan, tekan MMS. 9. Untuk melihat dulu slide, tekan ikon 2. Tekan tombol New, atau tekan Message dan pilih New. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 47: Folder Pesan

    • Draft: Berisi pesan yang belum selesai. • Sent: Berisi salinan pesan yang telah dikirim. 1. Pada layar Olahpesan, tekan account e-mail. 2. Tekan tombol New, atau tekan Message dan pilih New. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 48: Menerima Dan Melihat Pesan

    SMS, untuk MMS, dan untuk • Save contact: Menyimpan nomor ini sebagai kontak baru. pesan baru SMS dan MMS) akan muncul pada panel Status. Anda dapat menekan ikon untuk melihat pesan. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 49: Kontak

    Membuat Kontak Baru dari Layar Telepon • Reply: Membalas ke pengirim. • Reply to all: Membalas ke seluruh penerima e-mail. Lihat "Menambah Nomor ke Kontak" di halaman 25 untuk informasi lebih lanjut. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 50: Mengimpor Kontak Dari Kartu Sim

    , ikon atau nomor telepon untuk membuat 6. Tekan tombol untuk menyimpan kontak. panggilan ke orang tersebut. • Tekan ikon atau alamat e-mail untuk mulai membuat e-mail baru bagi orang tersebut. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 51: Mengelola Folder Kontak

    Kontak (in all fields atau in Names & Company). 4. Tekan tombol Delete, kemudian tombol pada kotak yang 3. Tekan tombol Find. selanjutnya. 5. Tekan tombol Done. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 52 2. Tekan untuk memilih folder yang berisi kontak-kontak yang 2. Tekan Contacts dan pilih Send ingin Anda kirim dari daftar menurun Folder. 3. Pilihlah dari berikut ini, kemudian tekan tombol Done: Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 53: Kartu Pemilik

    Set as owner card. 4. Tekan tombol Done. 4. Tekan tombol Menentukan Nomor Telepon Pilihan bagi Kontak Metode 2 1. Bukalah kontak. 1. Bukalah kontak. 2. Tekan Edit kemudian pilih Edit contact. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 54: Kalender

    Minggu, tekan atau untuk pergi ke minggu 4. Tekan untuk beralih ke halaman catatan untuk menulis sebelumnya atau catatan Anda untuk entri ini (pilihan). berikutnya. 5. Tekan tombol untuk menyimpan entri. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 55: Mengelola Entri Kalender

    Anda dapat menekan untuk memilih dan 2. Tekan Calendar dan pilih Move to To-do. membuka entri. 3. Tekan tombol Yes. Entri akan muncul pada program aplikasi Agenda. 4. Tekan tombol untuk menyimpan perubahan Anda. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 56: Mengelola Folder Kalender

    2. Jendela pilihan Kalender akan muncul. Aturlah pilihan pada 1. Menyalin teks dari program aplikasi lain. General dan Alarm. 2. Pada layar Catatan, tekan Edit dan pilih Paste. 3. Tekan tombol Done. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 57: Mengelola Catatan

    Buat perubahan kemudian tekan tombol Done. sebagai lampiran MMS. Layar pesan MMS akan mengikuti agar Anda dapat membuat pesan. Catatan: Pesan multimedia hanya dapat diterima dan ditampilkan pada perangkat dengan fitur yang kompatibel. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 58: Pengaturan

    Anda dapat mengatur perangkat agar aktif/nonaktif secara 2. Tekan untuk memilih tanggal saat ini di kalender. otomatis. 3. Tekan kotak Time dan sesuaikan waktu saat ini. Tekan bagian atas kotak yang mengelilingi jam dan menit untuk Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 59 Anda perlu memasukkan teks ke perangkat Anda. Jika Anda Pada tab Browse Anda dapat membrowse model tulisan tangan mengambil perangkat lunak input teks lain, pilih perangkat lunak yang telah tersedia. tersebut dan sesuaikan pengaturannya di sini. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 60: Sambungan

    Selanjutnya perangkat ke PC Anda dan gunakan perangkat sebagai bila Anda mengaktifkan perangkat Anda, Anda akan disambut modem. dengan pesan pembuka yang baru. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 61: Jaringan

    GSM. Account pilihan. Internet GPRS Internet tersambung ke jaringan GPRS. 4. Tekan Done. Bila Anda mengirim atau menerima pesan SMS, perangkat Anda dapat menggunakan GPRS atau GSM, dan jika tidak ada Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 62 1. Tekan pada tab Accounts. Untuk secara manual membuat account WAP: 1. Tekan pada tab Basic. 2. Masukkan nama sambungan pada kolom Account name. 2. Masukkan nama sambungan pada kolom Account name. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 63 1. Pada tab Basic, pilih sebuah account. saluran 30 mungkin untuk berita cuaca daerah, 60 untuk laporan 2. Tekan Delete, kemudian Yes. lalu lintas, 80 untuk informasi rumah sakit, taksi dan apotik lokal. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 64 Tandai untuk meningkatkan Anda mencoba tersambung ke kotak surat Anda. pengamanan kata sandi. • Incoming server address: Masukkan alamat IP atau nama host atau komputer yang akan menerima e-mail Anda. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 65: Pengamanan

    Maximum. Maximum adalah batas waktu sekali, namun nantinya dapat diganti kapan saja dengan maksimal yang didukung jaringan. menekan tombol Password. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 66 Pengunci remote ditunjukkan dalam daftar objek WIM. Bila Nokia 6708 Anda tidak berada di tangan Anda, Anda dapat mengirimkan pesan yang berisi pesan kunci yang telah diatur Anda dapat mengubah status PIN: sebelumnya ke perangkat dan perangkat akan mengunci secara •...
  • Page 67: Manajer

    Jika Anda mengatur penyimpanan daya Otomatis menjadi aktif bila pengunci remote atau pengunci screen saver 3 menit, 1 menit setelah screen saver ditampilkan, perangkat diaktifkan. akan masuk ke modus penyimpanan daya otomatis secara otomatis. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 68 1. Tekan untuk memilih disk yang ingin Anda namai ulang dari 2. Ikuti petunjuk di layar. menu menurun Disk kemudian tekan Rename. 3. Tekan untuk menerima pengaturan baru. 2. Masukkan nama baru kemudian tekan Done. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 69 • Bukan milik orang yang menyediakannya di layar sekalipun sertifikat seharusnya masih berlaku, periksalah kebenaran tanggal dan waktu pada perangkat • Dikeluarkan dengan tidak benar oleh organisasi independen Anda. yang membuatnya Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 70 PIN. Jika Anda memilih On, Anda ke daftar yang ditolak. akan diminta untuk memasukkan PIN sebelum memasuki • None: Tak seorangpun dapat memanggil Anda. modus online pada perangkat. 2. Tekan Done untuk keluar. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 71 Untuk membukanya, Anda perlu memasukkan kode PUK2, yang dapat Anda peroleh dari • Bila perangkat ini digunakan sebagai modem GPRS, log GPRS operator jaringan Anda. akan diperbarui secara otomatis. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 72 2. Sesuai dengan jenis panggilan yang ingin Anda atur, tekan Kartu Panggilan Voice atau Data & Fax. Anda dapat menggunakan pilihan ini untuk mengatur perangkat yang digunakan dengan kartu panggilan Anda. 1. Tekan tombol untuk membuat kartu panggilan baru. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 73 Restrict call dipilih, perangkat akan meminta status Pilihan untuk Bluetooth: Perangkat suara pilihan daripengaturan Anda saat ini. Ini akan memakan waktu • Phone: Gunakan tombol pada perangkat untuk mengatur beberapa detik. panggilan. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 74: Kamera

    Catatan: Perangkat Nokia 6708 mendukung resolusi pengambilan gambar 1280 × 1024 piksel. Resolusi foto di Catatan: Bila foto sedang disimpan, tombol pada layar materi ini mungkin terlihat berbeda. akan menjadi tidak aktif untuk sementara. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 75: Pengambilan Video

    Send. • Infrared: Mengirim gambar ke perangkat lain yang 4. (Pilihan) Tekan tombol untuk mengatur pengaturan kompatibel yang mendukung sambungan inframerah. Kamera yang Anda inginkan. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 76 Klip video disimpan secara otomatis. • Tekan tombol untuk memutar klip video. 8. Alternatif lain, Anda dapat melakukan operasi berikut • Tekan tombol untuk keluar. Klip video disimpan secara setelah klip video diambil: otomatis. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 77: Pilihan Kamera Saat Pengambilan Gambar Dan Video

    Anda pilih: Multishot, 9 Multishot • Bila fungsi Bracketing Pemaparan diatur ke On, akan Multishot. dibutuhkan lebih banyak waktu dari biasanya bagi perangkat untuk mengambil foto. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 78: Pengaturan Video

    • File AMR (.amr) nonaktif. • File MP3 (.mp3) • Effect: Tekan untuk memilih efek foto yang berbeda seperti • File WAV (.wav) Normal, Mono, Sepia, Blush, dan Negatif. • File MIDI (.mid) Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 79: Memutar Musik

    Terus menerus mendengarkan musik pada volume suara tinggi dapat merusak pendengaran Anda. Jangan pegang perangkat ini di dekat telinga Anda bila loudspeaker sedang digunakan, karena volume suara mungkin terdengar sangat keras. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 80: Mengelola Kontak

    Catatan: Pesan multimedia hanya dapat diterima dan 1. Tekan tombol untuk membuka daftar lagu, kemudian ditampilkan pada perangkat dengan fitur yang kompatibel. tekan lagu untuk memilihnya. Tampilan pesan mungkin berbeda, tergantung perangkat penerimanya. 2. Tekan tombol Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 81: Mengelola Folder Musik

    4. Tekan untuk memilih klip video yang ingin Anda putar tombol Delete untuk menghapus folder yang telah dipilih. kemudian tekan tombol (atau tekan tombol Pemutar video akan mulai memutar klip video. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 82: Mengelola Folder Video

    Modus lain yang tersedia adalah 3. Tekan tombol (diulang) dan (ulangi semuanya). 4. Masukkan nama baru pada dialog yang muncul kemudian tekan OK. • Tekan tombol untuk beralih ke pilihan pemutaran lambat. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 83: Photobase

    Sejajarkan port inframerah pada perangkat Anda dengan Melihat Foto port inframerah perangkat lain, kemudian transfer akan dimulai secara otomatis. 1. Tekan ikon program aplikasi PhotoBase pada layar Utama. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 84 Foto akan muncul pada layar tampilan foto. 3. Foto pada folder yang dipilih akan muncul. Pilihan tampilan foto • Anda dapat menekan tombol untuk melihat foto sebagai gambar kecil, atau tombol untuk melihat foto sebagai daftar. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 85: Mengelola Foto

    2. Anda dapat: • Tekan tombol untuk membuat folder baru. Anda 3. Tekan tombol Yes. kemudian akan diminta untuk memasukkan nama bagi folder baru tersebut. Jika telah selesai, tekan tombol Done. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 86: Mengirim Foto

    • Infrared: Mengirim foto ke perangkat lain yang kompatibel 4. Tekan tombol , kemudian tekan untuk menyimpan yang mendukung sambungan inframerah. Sejajarkan port perubahannya. inframerah pada perangkat Anda dengan port inframerah perangkat lain, kemudian transfer akan dimulai secara otomatis. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 87: Menambahkan Efek Khusus Ke Foto

    1. Bukalah foto dari tampilan gambar kecil atau daftar foto. 2. Tekan tombol untuk membuka layar bengkel foto. 3. Tekan text. 4. Masukkan teks yang ingin Anda tambahkan ke foto kemudian tekan OK. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 88 Anda juga dapat menekan tombol untuk menambahkan atau mengedit teks pada bingkai teks. 7. Tekan tombol , kemudian tekan untuk menyimpan perubahannya. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 89 • Sesuaikan ukuran foto aslinya dengan menekan tombol kemudian tekan dan tarik titik pembatas foto aslinya. • Putar foto aslinya dengan menekan tombol kemudian tekan dan tarik foto aslinya. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 90: Internet

    WAP di Pengaturan. 6. Tekan tombol , kemudian tekan untuk menyimpan Catatan: Pengaturan proxy untuk gateway WAP harus perubahannya. diatur di account WAP. Pengaturan proxy lain harus diatur di account Internet. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 91: Menyambung/Memutuskan Sambungan Dari Internet

    2. Pada kolom Location, masukkan alamat web kemudian tekan tombol Open. Jika Anda sebelumnya telah mengunjungi halaman web tertentu, alamat mereka akan muncul pada daftar menurun. Anda juga dapat menekan untuk memilih salah satunya. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 92: Operasi Tombol Saat Browsing

    1. Pergi ke tampilan Penunjuk. 2. Tekan nama halaman yang disimpan yang ingin Anda buka. Menunjuk Halaman 1. Penelusuran ke halaman yang ingin Anda beri penunjuk. 2. Tekan Internet dan pilih Add to bookmarks. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 93: Pergi Ke Halaman Penunjuk

    2. Layar daftar penunjuk akan muncul. penghubung, kemudian pilih Call. Tekan penunjuk dan halaman yang diberi penunjuk akan muncul • Untuk mengirim SMS ke nomor telepon, tekan terus penghubung, kemudian pilih SMS. pada layar browser. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 94: Mengelola Penunjuk

    1. Tekan tombol untuk pergi ke daftar penunjuk. beberapa gambar, musik (termasuk nada dering), dan materi 2. Tekan kotak tanda di objek penunjuk untuk memilihnya. lain. 3. Tekan Edit dan pilih Edit. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 95: Mengelola Folder Penunjuk

    Push WAP, silahkan konsultasikan ke operator selular Internet dengan memasukkan alamat lengkap. jaringan Anda. • account: Pilih account WAP untuk digunakan saat halaman asal diambil. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 96: Waktu

    Untuk mengaktifkan atau menonaktifkan alarm, tandai atau tak menu yang muncul. tandai kotak tanda di tiap kolom alarm pada layar Waktu. 2. Pada tab Location, tekan untuk mengatur informasi negara. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 97: Agenda

    • Alarm: Untuk mengatur alarm, tekan untuk menandai kotak tanda ini, tekan tanggal dan waktu yang muncul, kemudian 2. Masukkan kata kunci dan pilih di mana mencarinya. sesuaikan waktu alarm. 3. Tekan tombol Find. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 98 • Bluetooth: Mengirim tugas ke perangkat lain yang kompatibel yang mendukung konektivitas Bluetooth. Kotak 3. Tekan tombol Yes. akan muncul memperlihatkan pasangan perangkat yang ditemukan. Tekan untuk memilih perangkat, kemudian tekan tombol Send. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 99: Mengelola Folder Tugas

    Tekan untuk memilih suara alarm pilihan dari pada layar Kalkulator, kemudian tekan tombol untuk daftar menurun. menampilkan hasil penghitungan. • Vibrating alarm: Jika ditandai, perangkat akan bergetar bila alarm menyala. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 100: Suara

    1. Pada layar Suara, tekan tombol atau untuk memilih merekam catatan suara dan menyimpannya sebagai klip suara. catatan suara. Anda juga dapat mengirimkannya melalui MMS dan e-mail, atau menggunakannya sebagai nada dering. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 101: Menghapus Catatan Suara

    • Email: Mengirim catatan suara sebagai lampiran e-mail. direkam meningkat, silahkan nonaktifkan fungsi ini. Pilihan ini tersedia hanya jika account e-mail telah dibuat • Untuk mengaktifkan fungsi AGC, bila pada layar Suara, tekan pada perangkat. kemudian Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 102: Layanan Online

    Tekan Reset pada dialog. 1. Tekan ikon program aplikasi GPRS data log pada layar Utama. Menghapus Log Data GPRS 2. Tekan untuk memilih sambungan GPRS di layar. Tekan Delete pada dialog. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 103: Memperluas Kemampuan Perangkat Anda

    Catatan: Jika ada paket perangkat lunak lain yang bergantung pada paket perangkat lunak yang Anda hapus, maka paket tersebut juga tidak dapat berfungsi lagi. Untuk informasi lebih lanjut, lihat dokumentasi paket perangkat lunak yang diinstal. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 104: Menginstal/Mengeluarkan Kartu Memori

    • Gunakan hanya kartu memori SD yang kompatibel dengan perangkat ini. Penggunaan kartu memori yang tidak kompatibel dapat merusak kartu memori dan perangkat ini, serta merusak data yang tersimpan di dalamnya. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 105: Menginstal Kartu Memori Sd Mini

    1. Pastikan daya dari perangkat mencukupi dan tidak terlalu rendah. Mengeluarkan Kartu Memori 2. Tekan ikon pada layar Utama, kemudian pilih Format disk 1. Tutup semua program berjalan yang menggunakan kartu memori. pada tab Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 106: Menamai Ulang Kartu Memori

    Format disk pada tab 2. Dari kotak dialog yang muncul, tekan untuk memilih disk yang ingin Anda namai ulang. 3. Tekan Rename dan masukkan nama baru pada kolom Name. 4. Tekan Done. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 107: Mengelola Dan Mempersonalisasikan Perangkat Anda

    Bila sedang tersambung ke PC yang menjalankan PC Suite untuk • Menekan tombol untuk membuat folder baru. Masukkan Nokia 6708, Anda dapat mengatur file media yang ada di nama untuk folder baru, kemudian tekan tombol Done. perangkat Anda dari PC dengan mudah.
  • Page 108: Memilih Profil Pengguna

    Find image pada menu menurun Background. Sebuah kotak dialog lain akan muncul di mana Anda dapat memilih sebuah gambar. Tekanlah untuk memilih gambar yang dikehendaki, lalu tekan Select, Done. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 109: Menyambungkan Dan Menyinkronkan Perangkat Anda

    47). 2. Tekan ikon pada layar Utama, kemudian pilih Infrared 3. Sambungkan konektor USB pada perangkat ke port USB pada pada tab PC dengan kabel data yang disediakan. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 110: Sambungan Bluetooth

    Bluetooth. Bluetooth. Anda dapat menggunakan kombinasi nomor atau huruf apa pun untuk kodenya. Namun kode yang dimasukkan pada perangkat Anda dan perangkat lain dengan konektivitas Bluetooth harus sama persis. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 111: Menggunakan Perangkat Sebagai Modem Gprs

    Wizard, klik Next. 2. Sejajarkan port inframerah perangkat Anda dengan port inframerah PC Anda. 11. Klik Connect to the Internet kemudian Next. 12. Klik Set up my connection manually kemudian Next. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 112: Mengatur Modem Gprs Melalui Sambungan Usb

    Sekarang Anda dapat mengklik Dial untuk mulai 6. Klik-dua kali Modems, kemudian Nokia 6708 VSC Modem menggunakan perangkat sebagai modem GPRS untuk (WDM). tersambung ke Internet. 7. Pada dialog yang muncul, klik tab Advanced. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 113: Mengatur Modem Gprs Melalui Sambungan Bluetooth

    Properties. 16. Pada dialog yang mengikutinya, masukkan nama sambungan 3. Klik tab Hardware kemudian klik Device Manager. pada kotak name, kemudian klik Next. 4. Klik-dua kali Modems, kemudian Bluetooth Modemk. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 114: Sinkronisasi Data

    Server sebutan perangkat Anda) akan muncul. Jika Anda seringkali berpindah dan perlu menjaga sinkronisasi 8. Klik dua kali pada ikon Nokia 6708 dan seluruh layanan yang data Anda, sinkron remote menjadi pilihan yang ideal. tersedia akan muncul. Sinkronisasi remote memerlukan dukungan berikut ini dari 9.
  • Page 115 4. Sesuai dengan data yang diambil dari operator selular jaringan Anda, selesaikan pengaturan pada tab Server Protocol. 5. Tekan Done. Menjalankan Sinkronisasi Remote 1. Tekan ikon pada panel cara pintas Aplikasi. 2. Tekan Remote sync. 3. Tekan Sync. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 116: Informasi Mengatasi Masalah

    • Periksa status dari penerimaan sinyal. Jika diperlukan, • Apakah fitur pembatasan panggilan diaktifkan? Nonaktifkan pindahlah ke lokasi lain di mana penerimaan lebih baik. fitur ini jika diperlukan. Tak dapat menerima panggilan. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 117: Masalah Pesan

    • Status memori perangkat. Apakah tersedia ruang yang benar. cukup? Hapus beberapa file jika diperlukan. • Apakah kekuatan sinyal cukup kuat? Cobalah untuk berpindah lokasi agar mendapatkan penerimaan sinyal yang lebih baik. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 118: Masalah Program Aplikasi

    Tak dapat menyambungkan perangkat ke PC menggunakan memori. Direkomendasikan agar Anda menggunakan PC Suite kabel data. untuk Nokia 6708 untuk mencadangkan data secara teratur, Periksa hal berikut: untuk mencegah kehilangan data. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 119: 10. Informasi Baterai

    Gunakan hanya baterai langsung ke terminal positif (+) dan negatif (-) baterai. (Terlihat Nokia asli dan lakukan pengisian daya baterai hanya dengan seperti baris logam pada baterai). Hal ini dapat terjadi, misalnya pengisi daya Nokia asli untuk perangkat ini.
  • Page 120: Pedoman Otentikasi Baterai Nokia

    I n f o r m a s i B a t e r a i Pedoman Otentikasi Baterai Nokia Otentikasi hologram 1 Bila melihat hologram pada label, Gunakan selalu baterai Nokia asli untuk keamanan Anda. Untuk Anda seharusnya dapat melihat memastikan bahwa Anda mendapatkan baterai Nokia asli, belilah simbol Nokia connecting hands dari...
  • Page 121 I n f o r m a s i B a t e r a i Bagaimana jika baterai Anda tak asli? Jika Anda tak dapat memastikan bahwa baterai Nokia Anda dengan hologram pada labelnya adalah baterai Nokia asli, mohon jangan menggunakannya.
  • Page 122: 11. Perangkat Tambahan Asli

    Catatan: Jenis steker bervariasi tergantung kebutuhan pasar. Travel Charger AC-1001X digunakan di Singapura dan Malaysia Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 123: Audio

    Stereo Headset (HS-46) Perangkat headset stereo ini memiliki keindahan dan keistimewaan desain Nokia. Memberikan kualitas audio yang sangat baik dan Anda dapat menjawab atau mengakhiri panggilan dengan menekan tombol pada remote control. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 124: 12. Perawatan Dan Pemeliharaan

    • Pastikan agar perangkat tidak terjatuh, terbentur atau terguncang. Penanganan yang kasar dapat mematahkan panel sirkuit internal dan komponen kecil. • Jangan gunakan bahan kimia, larutan pembersih atau deterjen keras untuk membersihkan perangkat. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 125: 13. Informasi Keselamatan Tambahan

    15,3 cm(6 inci) • Tidak menyimpan perangkat ini di dalam saku baju • Memegang perangkat ini di telinga yang berlawanan dengan posisi alat pacu jantung untuk memperkecil potensi gangguan. Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 126: Alat Bantu Dengar

    Untuk kendaraan yang dilengkapi dengan kantong udara, ingat logam. bahwa kantong udara akan mengembang dengan kuat. Jangan letakkan atau pasang benda dan peralatan nirkabel yang portabel di sekitar kantong udara atau di tempat mengembangnya Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 127: Panggilan Darurat

    2. Tekan terus tombol untuk menghapus layar tampilan dan menyiapkan perangkat untuk membuat panggilan. 3. Masukkan nomor darurat resmi yang berlaku. Nomor darurat untuk setiap lokasi berbeda. 4. Tekan tombol Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 128: Informasi Pengesahan (Sar)

    Ini karena perangkat dirancang untuk beroperasi pada tingkat daya yang beragam, sehingga perangkat hanya akan menggunakan daya yang diperlukan untuk mencapai Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.
  • Page 129 <Memo> Hak cipta © 2006 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.

Table of Contents